Matakuliah  ini merupakan matakuliah  yang mengkaji  tentang berbagai  kebutuhan anak berkebutuhan khusus dan mengkaji  tentang  berbagai layanan bimbingan  dan konseling  untuk   anak berkebutuhan khusus. Pemahaman,  pengkajian,  pendalaman  tentang mata kuliah  bimbingan  konseling  anak berkebutuhan khusus yang meliputi:  pendahuluan,  hakikat  bimbingan  konseling  anak berkebutuhan khusus,  permasalahan  anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai individu,  pendekatan bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian  dan pengorganisasian  bimbingan  konseling  anak berkebutuhan  khusus. metode pembelajaran  yang digunakan  adalah  case study. tekni  yang digunakan  meliputi:  diskusi  terbimbing,  presentasi,  analisis  kasus. keberhasilan  dinilai  berdasarkan penilaian  aktifitas  partisipatif,  project, penialain portofolio, dan tes.