Mata kuliah ini dirancang untuk menganalisis hubungan dinamis antara sistem pendidikan dan realitas masyarakat multikultural di berbagai negara. Fokusnya adalah mengeksplorasi bagaimana negara-negara yang memiliki keberagaman latar belakang budaya, etnis, agama, dan bahasa merancang serta mengimplementasikan kebijakan dan praktik pendidikannya.
Cakupan utama mata kuliah meliputi:
-
Kebijakan Pendidikan Multikultural: Menganalisis pendekatan berbeda dari berbagai negara (seperti kebijakan integrasi, asimilasi, atau pluralisme) dalam merespons keragaman.
-
Kurikulum dan Praktik Pengajaran: Mengkaji bagaimana muatan multikultural diintegrasikan ke dalam kurikulum, buku teks, dan metode pembelajaran di dalam kelas.
-
Kesiapan Guru: Menilai strategi pelatihan guru untuk menghadapi kelas yang heterogen dan inklusif.
-
Tantangan dan Konflik: Membahas isu-isu seperti kesenjangan prestasi, diskriminasi, dan ketegangan identitas dalam sistem pendidikan multikultural.
-
Best Practices: Mengidentifikasi model dan inovasi yang berhasil dari berbagai negara untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang adil dan menghormati perbedaan.
Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan perspektif kritis dan komparatif untuk memahami kompleksitas pendidikan dalam masyarakat multikultural, serta merumuskan wawasan yang dapat diadaptasi untuk menguatkan pendidikan kebinekaan dalam konteks Indonesia.
- Pengajar: YOGA PRIHATIN YOGA PRIHATIN